Wealth Enhancement
   
 

Kebutuhan dan preferensi tiap individu yang beragam menginspirasikan BII Platinum Access untuk membantu memberikan hasil yang optimal menuju kemapanan finansial pribadi. Tersedia serangkaian produk investasi yang dapat membantu pengelolaan keuangan Anda berdasarkan rencana dan hasil akhir yang optimal:

Deposit Services

Beberapa produk simpanan yang memiliki tingkat fleksibilitas sesuai kebutuhan:

  • Rekening Giro
  • Rekening Tabungan
  • Deposito On Call dan Berjangka
  • Exchangable Deposit, dan
  • Fasilitas Penggantian Mata Uang Deposito Berjangka
Semua produk di atas dapat menjadi tabungan hari depan, bahkan untuk dana usaha. Pilihan investasi dengan yield tinggi juga tersedia baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tersedia pula konversi mata uang deposito untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Reksa Dana

Investasi keuangan yang terencana membuahkan hasil optimal. Untuk itulah BII Reksa Dana hadir sebagai alternatif investasi melalui penggabungan produk yang diinvestasikan dalam bentuk saham, obligasi, atau pasar uang. Setiap investasi yang ditanamkan akan dikelola oleh Manager Investasi independent terpilih yang akan membantu mengatur portfolio Anda.

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat, untuk selanjutnya diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam Portofolio Efek. Keuntungan yang diperoleh berupa kenaikan nilai investasi seiring dengan berjalannya waktu periode investasi.

Manfaat Reksa Dana

Pengelolaan Investasi Secara Profesional
Manajer Investasi bertanggung jawab dalam pengelolaan investasi termasuk diantaranya melakukan analisa makro dan mikro, memilih emiten yang tepat, menentukan alokasi aset, menetukan alokasi sektor, melakukan transaksi dengan pialang, dan melakukan pengawasan terhadap kinerja portofolio serta melakukan penyesuaian.

Diversifikasi Investasi
Salah satu faktor penting dalam berinvestasi adalah diversifikasi aset. Hal ini adalah melakukan investasi pada berbagai macam instrumen efek untuk mengurangi risiko (don’t put your egg in one basket).

Likuiditas Tinggi
Reksa Dana dapat dibeli dan dicairkan (dijual kembali) pada setiap hari bursa di cabang BII sesuai cut-off time yang berlaku.

Transparan dan Mudah Diakses
Kinerja dan Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana dipublikasikan setiap hari melalui berbagai macam media seperti surat kabar, website, majalah dan sebagainya. Manajer Investasi juga menyediakan laporan kinerja Reksa Dana secara berkala melalui Fact Sheet bulanan dan Prospektus. Nasabah secara rutin memperoleh Laporan Bulanan atas perkembangan Reksa Dana yang dimiliki, juga bukti kepemilikan atas Reksa Dana-nya (Confirmation Notice) pada setiap transaksi yang dilakukan

Manajer Investasi yg Bekerjasama dengan BII :

  • PT BNP Paribas Investment Partners
  • PT Danareksa Investment Management
  • PT Mandiri Manajemen Investasi
  • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT OSK Nusadana Aset Manajemen
  • PT Schroders Investment Management Indonesia
Perbandingan jenis reksa dana:

Jenis Reksa Dana

Pengelolaan Alokasi Investasi

Potensi Hasil & Risiko Investasi

Jangka Waktu yang Disarankan

Pasar Uang

100% Efek Pasar Uang

Rendah

Pendek (< 1 tahun)

Pendapatan Tetap

Min. 80% Efek Hutang

Sedang

Menengah (1 – 3 tahun)

Campuran

Kombinasi Efek Hutang dan Efek Saham

Sedang/Tinggi

Menengah/Panjang

Saham

Min. 80% Efek Saham

Tinggi

Panjang (> 3 tahun)

Terproteksi

Umumnya Efek Hutang (bisa dikombinasikan dengan efek yang lain)

Rendah/Sedang

Menengah/Panjang

Risiko yang terdapat pada Investasi Reksa Dana

Reksa dana dapat memberikan potensi keuntungan bagi nasabah sepanjang underlying dari portofolio efeknya maupun Nilai Aktiva Bersihnya mengalami peningkatan, akan tetapi portofolio efek tersebut juga memiliki kemungkinan untuk mengalami penurunan, sehingga dalam kondisi ini nasabah mengalami potensi kerugian.

Risiko Pasar
Risiko penurunan Nilai Aktiva Bersih akibat fluktuasi harga efek yang dimiliki oleh Reksa Dana

Risiko Likuiditas
Risiko tertundanya pembayaran dari hasil penjualan kembali Unit Penyertaan akibat tidak tersedianya pasar sekunder bagi Manajer Investasi untuk menjual efek di dalam portofolio

Risiko Kredit
Risiko kegagalan emiten efek tempat Manajer Investasi menempatkan dana dalam memenuhi kewajibannya

Risiko Operasional
Risiko kegagalan proses investasi dikarenakan terjadinya kesalahan operasional dari pihak agen penjual, Bank Kustodian, Manajer Investasi dan lain-lainnya yang menyebabkan dana nasabah gagal untuk diinvestasikan

Risiko Perubahan Kondisi Ekonomi dan Politik
Risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik baik di dalam maupun di luar negeri atau peraturan khususnya di bidang Pasar Uang dan Pasar Modal yang mempengaruhi kinerja emiten dan harga efek yang diterbitkan oleh emiten

Risiko Lainnya
Faktor-faktor risiko lainnya yang terkandung dalam produk secara spesifik, tercantum pada prospektus masing-masing Reksa Dana

Langkah-langkah Berinvestasi Reksa Dana

  1. Kenali Profil Risiko
    Profil risiko adalah seberapa jauh toleransi dari nasabah untuk mengalami kerugian/penurunan nilai investasi yang dimilikinya, kami sediakan kuesioner untuk mengetahui profil risiko anda, karena profil risiko masing-masing pribadi adalah berbeda-beda.

  2. Tentukan Tujuan Investasi
    Tujuan Investasi secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu untuk akumulasi aset (berorientasi pada pertumbuhan), mempertahankan nilai aset serta untuk distribusi aset.

  3. 3. Tentukan Time Horizon
    Investasi juga memiliki jangka waktu penggunaan yang berbeda-beda, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang

  4. 4. Tentukan Produk Investasi yang Cocok
    Pemilihan produk-produk sebaiknya telah mempertimbangkan butir 1,2 dan 3 sehingga kenyamanan dalam berinvestasi Reksa Dana dapat dicapai

  5. 5. Disiplin
    Berinvestasi Reksa Dana memerlukan waktu dan kedisiplinan untuk menikmatinya tumbuh dan berkembang secara optimal

Disclaimer:

Reksa dana adalah produk pasar modal dan bukan merupakan produk Bank sehingga tidak dijamin oleh Bank serta tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Pemerintah atau penjaminan simpanan.

Bank sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan portofolio reksa dana.

Investor wajib membaca prospektus dan memahami risiko reksa dana sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Bancassurance (Asuransi Jiwa)

Sesuai dengan semangat perlindungan jangka panjang terhadap kehidupan individu, BII bekerjasama dengan PT Prudential Life Assurance, yang merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar dan salah satu terbaik di Indonesia.

  • Produk - produk yang ditawarkan cukup beragam, dimana mencakup produk - produk seperti:
    1. Produk unit link, yang merupakan produk unggulan dari PT Prudential Life Assurance. Produk unit link yang dipasarkan adalah:
      • Forta Premi Berkala (konvensional / syariah)
      • Forta Premi Tunggal (konvensional / syariah)
      • Imperia
    2. Produk tradisional, seperti produk dwi-guna/endowment, yang merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat yang jelas dan tetap.
    3. Produk asuransi jiwa lainnya seperti perlindungan hutang kartu kredit, jaminan rumah sakit dan lainnya.

     
   
     
   
   
     
   
   
Copyright © 2007, Bank International Indonesia. All Right Reserved